a

Sejarah Anime Masuk di Televisi Indonesia

Anime adalah Animasi Jepang yang banyak digunakan di berbagai serial TV, Film, Video, Games, dan Beberapa Situs cerita di Internet. Dengan berbagai macam tokoh dan karakter, anime mendapat tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

Khususnya di Indonesia, anime sendiri mulai merambah dunia pertelevisian Indonesia sejak awal tahun 80-an. Akan tetapi, pada waktu itu anime Jepang masih bersaing dengan animasi buatan eropa dan amerika, sehingga masih kalah popular dengan animasi Amerika dan Eropa. Anime Jepang pun ditinggalkan oleh banyak masyarakat di Indonesia.

Pada pertengan tahun 90-an, anime mulai kembali tayang dan merupakan hal yang menggembirakan bagi penggemar anime di Indonesia. Stasiun-stasiun televisi menayangkan acara anime, yang sangat popular pada masa itu. Saint Seiya, Sailor Moon, Magic Girls, Dragon Ball,dan masih banyak judul dankarakter anime lainnya yang pernah ditayangkan.
TVRI sebagai satu-satunya stasiun televisi di Indonesia pada masa itu menayangkan anime. Pertama kali yaitu ditayangkannya anime Kum-Kum (Wanpaku Omukasi Kum-kun), sejak saat itu secara perlahan tapi pasti minatmasyarakat terhadap anime mulai tumbuh.

Kemudian pada awal tahun 90-an, anime kembali eksis, dengan tokoh Doraemon. Anime Doraemon mulai diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia sejak tahun 1991 yang ditayangkan oleh RCTI. Kisah serial Doraemon yang menampilkan kehidupan sehari-hari dari karakter Doraemon, Nobita, dan kawan-kawannya ini menjadi sangat populer dikalangan anak-anak bahkan orang dewasa. Sampai sekarang mampu bertahan hingga selama lebih dari 20 tahun sejak pertama kali penayangannya.

0 comments:

Post a Comment