a

Pembagian Kelas Para Exorcist

AnimeJepang.com - Dalam dunia anime action selalu saja kita menemui banyak karakter yang tergabung dalam berbagai aliran sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Seperti dalam dunia One Piece kita mengenal banyak sekali aliran pengguna buah setan seperti Logia, Paramecia, dan Zoan. Dalam dunia naruto pun sama, banyak sekali karakter yang memiliki kemampuan tersendiri sesuai dengan alirannya seperti pengguna ninjutsu, taijutsu, maupun genjutsu.

Hampir semua anime yang diadaptasi dari komik shounen selalu membagi kemampuan karakter-karakternya dalam aliran yang berbeda. Hal ini bertujuan agar karakter yang dibuat memiliki keselarasan antara keinginan dan kemampuan yang dimilikinya. Pemilihan aliran ini juga terkadang disesuaikan dengan sifat dari si karakter sendiri. Pada artikel kali ini kami animejepang.com ingin membahas tentang pembagian kelas/aliran para exorcist dari anime Ao No Exorcist (AnEx).

Dalam dunia AnEx, Exorcist merupakan organisasi dan individu yang bertugas membasmi iblis beserta koloninya. Berdasarkan jenis senjata dan metode bertarungnya, exorcist dibagi menjadi 5 kategori, yang kesemuanya disebut sebagai Meister atau master/ahli, tiap exorcist dapat menjadi Meister dalam satu atau lebih kategori. Umumnya exorcist mengantongi titel Meister dalam 1 atau 2 kategori, kecuali sang mantan Paladin, Fujimoto Shirou, yang menjadi Meister dalam semua kategori. Kelima kategori Meister :


  1. Knight; bertarung menggunakan pedang. Kategori ini didasarkan kepada skill kelincahan dan ketangkasan sang Exorcist. Knight atau ksatria biasa bertarung di garis depan. Beberapa knight memiliki pedang khas sendiri seperti Shura dengan pedangnya yang bisa berubah-ubah wujud. Namun, seorang knight sejati bukanlah mereka yang selalu menggunakan pedang saat bertarung.  Rin berniat untuk menjadi Meister dalam kategori Knight. Fujimoto, Shura, dan Angel adalah Meister dalam kategori Knight.
  2. Tamer; bertarung dengan cara membuat kontrak dengan iblis tertentu dan mengendalikan mereka sebagai pesuruh atau familiar. Dibutuhkan mental kuat dan bakat tertentu agar bisa menjadi Tamer yang baik. Bukan perkara mudah untuk menjinakkan iblis bukan? Izumo dan Shiemi berniat meraih Meister dalam kategori ini. Fujimoto dan Neuhaus adalah Meister dalam kategori Tamer.
  3. Doctor; Sesuai dengan namanya, para exorcist dalam kategori ini memiliki keahlian mengobati dan menyembuhkan penyakit atau luka-luka akibat bertarung dengan iblis. Doctor berfungsi sebagai tabib dan penyembuh dalam satu tim exorcist. Yukio, Fujimoto, dan Shura (meski belum jelas) merupakan Meister dalam kategori Doctor.
  4. Aria; bertarung dengan cara merapalkan mantra dan doa untuk menghancurkan iblis. Bisa kita sebut dengan jampi-jampi, exorcist dengan kategori ini biasanya sangat pandai menghapal. Bagaimana tidak, karena mereka harus mengucapkan doa dan mantra yang panjangnya bisa lebih dari 30 baris. Tiap iblis memiliki Fatal Verse atau titik fatal yang dapat merespon terhadap suatu mantra tertentu; semakin kuat iblisnya, semakin rumit Fatal Verse-nya. Adalah tugas Aria dalam merapal mantra dan doa untuk melemahkan, atau bahkan mematikan, iblis yang bersangkutan melalui Fatal Verse mereka. Bon, Renzou, dan Konekomaru berniat untuk meraih Meister dalam kategori Aria. Fujimoto dan (mungkin) Shura adalah Meister dalam kategori Aria.
  5. Dragoon; bertarung menggunakan senjata api dan artileri modern. Para exorcist dalam kategori ini diwajibkan memiliki kecekatan dan akurasi tinggi. Sebagaimana hal nya saat seseorang menggunakan pistol, ia harus tepat sasaran menembak sebelum musuhnya melancarkan serangan. Kisaran senjata para Dragoon tidak hanya berkisar dalam pistol saja, melainkan juga senapan laras panjang, rifle, shot gun, busur, dsb. Fujimoto dan Yukio adalah Meister dalam kategori Dragoon. Dalam hal ini pengguna panah, busur, maupun tombak lempar tidak termasuk.


Dalam struktur hierarki, exorcist terbagi atas beberapa tingkatan. Tingkatan tertinggi adalah Paladin atau Holy Knight, yang pernah dipegang oleh Fujimoto Shirou, dan saat ini dipegang oleh Angel. Tingkatan terendah adalah Page atau murid pesuruh. Rin dan kawan-kawan mengawali karier exorcist mereka dari tahapan Page ini. Untuk saat ini, mereka masih berstatus Esquire atau Exwire, setingkat di atas Page. Salam Otaku-Salam Anime.

0 comments:

Post a Comment